OPENSHIP KAPAL GEOMARIN III DAN FORUM BISNIS DI PELABUHAN TENAU, KUPANG, NTT

Kegiatan Openship Kapal Riset Geomarin III kembali dilaksanakan oleh Puslitbang Goelogi Kelautan untuk kesekian kalinya, dan kali ini kegiatan tersebut dilaksanakan di Pelabuhan Tenau, Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pada kegiatan Openship kapal Geomarin III kali ini juga disertai dengan kegiatan Forum Bisnis, yang melibatkan instansi pemerintah,  mitra bisnis yaitu Elnusa, Telkom Indonesia, MGS, serta Pemerintah Daerah setempat diwakili Dinas ESDM Provinsi Nusa Tenggara Timur. Turut hadir juga Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN), Dr. Saleh Abdurahman, beberapa anggota DEN serta Tenaga Ahli DEN.

 

Dalam sambutan dan paparanya di depan  para undangan dan peserta kegiatan Openship kapal Geomarin III dan Forum Bisnis ini, Kepala Puslitbang Geologi Kelautan, Dr. Ediar Usman, menyampaikan bebera hal tentang hasil-hasil yang telah dicapai oleh Puslitbang Geologi Kelautan dalam melaksanakan kegiatan penelitiannya selama ini, pada kesempatan yang sama Dr. Ediar Usman juga menyampaikan tantangan-tantangan ke depan yang akan dihadapi Puslitbang Geologi Kelautan, tak terkecuali tentang kebutuhan teknologi kapal riset Geomarin IV yang diyakini dapat lebih memaksimalkan peran dan tugas dari Puslitbang Geologi Kelautan.

 

Sementara itu Sekretaris Jenderal DEN, Dr. Saleh Abdurahman, dalam kata sambutannya menyampaikan sekilas tentang tugas DEN ke depan dan keinginannya agar adanya sinergitas antar instansi pemerintah dalam melaksanakan kegiatan utamanya, khusunya instansi yang konsen dalam memperkokoh ketahanan energi nasional, dan juga sedapat mungkin dapat melibatkan atau menggandeng pihak swasta. Beliau juga sangat mendukung upaya dan keinganan dari Puslitbang Geologi Kelautan yang sedang mengusulkan penambahan teknologi surveinya berupa kapal Riset Geomarin IV.

 

Kegiatan Openship kapal Geomarin III dan Forum Bisnis kali ini bertepatan juga dengan berakhirnya kegiatan survei tim “Penelitian Cekungan dan Pengembangan Model Geologi Hidokarbon Untuk Mendukung Wilayah Kerja Migas di Wilayah Perairan Arafura” dengan Ir. Catur Purwanto, MT., sebagai Kepala Timnya,  kemudian kapal Geomarin III ini akan melanjutkan kegiatan survei yaitu tim “Penelitian Potensi Panas Laut (OTEC) di Perairan Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur”, dengan kepala tim, Sdr. Undang Hermawan, ST.,MT.

 

Di akhir kegiatan openship kapal Geomarin III dan Forum Bisnis ini, para tamu undangan dan peserta melakukan “Tour On Board” di kapal Geomarin III untuk melihat langsung kondisi kapal dan teknologi yang terdapat di dalamnya. Sementara itu di saat yang bersamaan, Kepala Puslitbang Geologi Kelautan, Sekretaris Jenderal DEN, dan para pimpinan dari mitra bisnis melakukan konferensi pers dengan beberapa media yang hadir di acara Openship dan temu bisnis ini, baik media yang berasal dari internal Kementerian ESDM yang diwakili oleh Biro KLIK, maupun media-media nasional yang sudah hadir sejak dimulai acara ini.

 

(Bidang Afiliasi dan Informasi/arifs)

Leave a comment

Full HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.