P3GL Raih 2 Penghargaan Di Bidang Inovasi Pelayanan Publik Di Lingkungan Kementerian ESDM

Inovasi adalah sebuah keniscayaan dalam sebuah organisasi agar dapat bergerak dinamis dan mampu bersaing dengan para kompetitor. Begitupun dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral selalu melakukan inovasi yang terus berkembang, terutama inovasi dalam bidang pelayanan publik, karena esensi dari layanan publik adalah power and integrity. Maka dengan adanya inovasi ini diharapkan masyarakat makin mudah dan cepat untuk mendapatkan akses informasi dan pelayanan, dibarengi dengan nilai trust yang tinggi.

 

Puslitbang Geologi Kelautan (P3GL) yang merupakan salah satu unit yang berada di bawah Badan Litbang ESDM terus menciptakan inovasi pelayanan publik terbaru, tentunya pelayanan publik yang masih berada di lingkup tugas dan fungsi P3GL. Berkat usaha keras dari semua jajaran di P3GL, pada tahun 2017 ini P3GL berhasil meraih 2 penghargaan inovasi pelayanan publik sekaligus, yaitu penghargaan inovasi  “Gas Biogenik” dan “Karpet Mineral”.

 

Sekilas tentang kegiatan yang telah mendapatkan penghargaan inovasi pelayanan publik dari Kementerian ESDM tersebut adalah yang pertama kegiatan mengenai Gas Biogenik Rawa Untuk Rumah Tangga. Kegiatan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari P3GL ini dimotori oleh Ir. Purnomo Raharjo, MT., dan Dr. Hananto Kurnio, M.Sc., adalah kegiatan yang dilakukan untuk membantu memberikan solusi tentang ketersediaan energi di daerah-daerah terpencil yang jauh dari akses BBM dan listrik. Dimana penelitian Gas Biogenik ini telah dilakukan semenjak tahun 2001 hingga sekarang, dan sudah dilakukan di beberapa wilayah pesisir pantai, sungai-sungai besar di utara Jawa, selatan Madura, Kalimantan Barat dan Sumatera Timur Provinsi Riau. Seperti halnya penelitian Gas Biogenik di Pulau Topang Kabupaten Meranti Provinsi Riau berhasil memetakan potensi Gas Biogenik baik di laut dangkal sekitar pulau maupun daratan, dan utilitis cukup untuk menghidupkan listrik madrasah bahkan laptop dan kebutuhan gas rumah tangga, sehingga bermanfaat bagi masarakat setempat.

 

Sedang kegiatan berikutnya yang mendapatkan penghargaan inovasi yaitu kegiatan Karpet Mineral. Adalah suatu inovasi yang diciptakan oleh tim Karpet Mineral di P3GL, yang dimotori oleh Dr. Noor Cahyo Dwi Aryanto, MT., dan Ir. Hersenanto Catur Widiatmoko, MT., kegiatan ini  dimaksudkan untuk mempermudah masyarakat dalam memilah mineral-mineral berat yang biasa dijumpai di lokasi daerah penelitian. Dengan karpet mineral ini maka akan didapat beberapa nilai lebih, antara lain : masyarakat mampu memilah mineral hingga konsentrasi terkecil, pekerjaan bisa dikerjakan dengan waktu yang lebih cepat dan dengan hasil sampel yang lebih besar, dapat lebih mempercepat proses, menghindari atau menekan tingkat pencemaran, memberdayakan potensi masyarakat lokal/setempat, dan ramah lingkungan. Karpet mineral juga sebagai suatu jawaban untuk meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat pesisir di lokasi tambang manakala mereka tidak melaut karena kondisi gelombang laut sedang tinggi. Karpet penangkap mineral telah diuji cobakan pada masyarakat pesisir pantai Bayah dengan produk masih sederhana, hasilnya dapat dinikmati masyarakat.

 

Penyerahan Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik kepada para masing-masing pemenang ini diserahkan langsung oleh Menteri ESDM, Ignasius Jonan, di Ruang Sarulla, Gd. Kementerian ESDM, di Jakarta. Acara penyerahan penghargaan ini merupakan salah satu rangkaian acara dari seluruh kegiatan “Pekan Pertambangan dan Energi 2017” dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Pertambangan dan Energi yang ke-72 Tahun 2017.

 

Pencapaian dari penghargaan ini merupakan prestasi yang patut dibanggakan oleh semua pihak di lingkungan Kementerian ESDM pada umumnya, maupun oleh seluruh pegawai P3GL pada khususnya, karena tentu tidak mudah untuk mendapatkan penghargaan tersebut tanpa kerja keras semua tim dan penelitian yang fokus serta terus menerus. Dengan penghargaan ini diharapkan dapat memacu munculnya ide-ide baru berupa inovasi pelayanan publik lainnya dari semua pegawai di lingkungan P3GL di masa-masa mendatang.

 

Foto : Menteri ESDM, Ignasius Jonan saat menyerahkan penghargaan Inovasi Pelayanan Publik Kementerian ESDM Tahun 2017, untuk Kegiatan “Karpet Mineral”, kepada KP3 Sumber Daya Mineral Kelautan P3GL, Dr. Noor Cahyo Dwi Aryanto, MT., Jakarta, 28 september 2017.

 

Foto : Menteri ESDM, Ignasius Jonan saat menyerahkan penghargaan Inovasi Pelayanan Publik Kementerian ESDM Tahun 2017, untuk Kegiatan “Gas Biogenik”, kepada KP3 Energi Kelautan dan Kewilayahan P3GL, Ir. Purnomo Raharjo, MT., Jakarta, 28 september 2017.

 

Foto : Menteri ESDM, Ignasius Jonan saat berfoto bersama dengan para peraih penghargaan Inovasi Pelayanan Publik Kementerian ESDM Tahun 2017, di Jakarta, 28 september 2017.

 

Foto : Kepala Badan Litbang ESDM, Sutijastoto, dan Kepala P3GL, Dr. Ediar Usman, MT.,  berfoto bersama peraih penghargaan Inovasi Pelayanan Publik Kementerian ESDM Tahun 2017, Jakarta, 28 september 2017.

 

(Bidang Afiliasi dan Informasi/arifs)

Leave a comment

Full HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.