PENANDATANGAN PERJANJIAN KERJA SAMA ANTARA BADAN LAYANAN UMUM DI LINGKUNGAN BADAN LITBANG ESDM DENGAN MITRA KERJA SAMA STRATEGIS

Pada hari Rabu, tanggal 17 Januari 2018 di Ruang Sarulla Kementerian ESDM Jakarta telah dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama sebanyak 19 Naskah Kerja Sama yaitu Kerja Sama Operasi (KSO), Head of Agreement (HoA), Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Badan Layanan Umum (BLU) di lingkungan Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral (Badan Litbang ESDM) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dengan Mitra Kerja Sama Strategis.

 

Kegiatan penandatanganan perjanjian kerja sama ini dihadiri sekitar 150 undangan yang terdiri dari Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Kepala Badan Litbang ESDM, para pejabat Eselon I, II, III, IV dan pejabat fungsional tertentu di lingkungan Kementerian ESDM, para Direktur/Pimpinan Mitra Kerja Strategis terkait, serta wartawan dari berbagai media cetak dan elektronik.

 

Pendandatangan perjanjian kerja sama KSO/HoA/MoU dan PKS dibagi menjadi 3 sesi dan yang melaksanakan penandatangan perjanjian kerja sama tersebut adalah Kepala Badan Litbang ESDM, Kepala PuslitbangTek Minyak dan Gas “LEMIGAS”, Kepala PuslitbangTek Mineral dan Batubara “TekMIRA”, Kepala PuslitbangTek Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi “P3TEK EBTKE” dan Kepala Puslitbang Geologi Kelautan “P3GL” dengan para Pimpinan/Direktur Mitra Kerja Sama Strategis.

 

 

Dalam rangkaian pelaksanaan penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut, untuk Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (P3GL) diwakili oleh Bapak Ir. Hedi Hidayat, M.Si selaku Kepala P3GL yang berkesempatan melakukan salah satu penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan PT Timah Tbk mengenai kegiatan Kerja Sama Eksplorasi untuk Penemuan Timah Dasar Laut dan Mineral Ikutannya yang akan dilaksanakan pada Tahun 2018 untuk mendukung pelaksanaan BLU P3GL.

 

Potensi BLU yang diharapkan dari 19 mitra kerja sama strategis yang melaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama ini adalah sekitar Rp. 150 miliar per tahun. Badan Litbang ESDM mengharapkan target tersebut dapat tercapai dengan terbangunnya kerja sama yang baik antara Badan Layanan Umum Puslitbang-Puslitbang yang ada di lingkungan Badan Litbang ESDM dengan Mitra Kerja Sama Strategis seperti tertuang dalam sambutan Kepala Badan Litbang ESDM Bapak F.X Sutijastoto sebagai berikut : "Dalam pelaksanaan penerapan BLU di lingkungan Badan Litbang ESDM, kami terus berupaya untuk menggandeng mitra usaha yang kuat dalam pendanaan, teknologi dan akses kepada pasar guna meningkatkan komersialisasi hasil litbang, PNBP dan sekaligus peningkatan kapasitas SDM BLU, selain itu BLU merupakan sarana untuk transformasi Badan Litbang ESDM menuju lembaga riset yang kompeten dan professional serta sekaligus sarana untuk intensifikasi peningkatan PNBP yang akan menjadi sumber pendanaan bagi kegiatan riset.

 

Sekretaris Jenderal Kementerian Bapak Ego Syahrial dalam sambutannya membacakan sambutan dari Wakil Menteri ESDM yaitu : "Penandatanganan naskah kerja sama ini dapat dijadikan sebagai sarana Badan Litbang ESDM untuk mengenalkan dan mengembangkan Badan Litbang ESDM sebagai Badan Layanan Umum (BLU) yang dapat memberikan pelayanan terbaik".

 

Rincian Kerja Sama Operasi (KSO), Head of Agreement (HoA), Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang telah ditandatangani oleh Badan Litbang ESDM dengan Mitra Kerja Sama Strategis, adalah sebagai berikut :

 

 

(Bidang Afiliasi dan Informasi/bnk)

 

Leave a comment

Full HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.