Dirgahayu ke-35 P3GL Menuju Era Kemandirian Sebagai BLU Unggul, Mandiri & Profesional

Sejarah Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (P3GL) dimulai dengan dibentuknya Seksi Geologi Marin dan Seksi Geofisika Marin pada Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi (P3G) pada tahun 1979.

 

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertambangan dan Energi Nomor 1092 Tahun 1984, kedua seksi tersebut menjadi cikal bakal lahirnya Pusat Pengembangan Geologi Kelautan (PPGL) di bawah Direktorat Jenderal Geologi dan Sumber Daya Mineral pada tanggal 6 Maret 1984. Berdasarkan SK Menteri ESDM No. 150 Tahun 2001, PPGL dimekarkan menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (PPPGL) di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral.

 

 

Selanjutnya P3GL mengalami transformasi signifikan menjadi badan layanan umum berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan No. 921/KMK.05/2017 tentang Penetapan PPK BLU P3GL Sejak 4 Desember 2017 yang berlaku per 1 Januari 2018.

 

 

Ini mengukuhkan P3GL sebagai instansi penunjang dalam upaya meningkatkan investasi sektor ESDM terutama survei geologi, geofisika, oseanografi wilayah kelautan NKRI, penyediaan data klaim atas wilayah landas kontinen, dan peningkatan status cekungan migas di laut serta site survei infrastruktur. P3GL telah menetapkan sasaran strategis berupa kinerja pengelolaan keuangan BLU yang efektif, efisien, akuntabel dan modern serta pelayanan prima.

 

 

Sebagai badan layanan umum, P3GL berupaya mengembangkan sejumlah kemampuan layanan jasa agar mampu lebih mandiri dan unggul. P3GL memfokuskan diri sebagai lembaga pemerintah dengan core competency melakukan penelitian dan pengembangn sumber daya alam di laut. Kapal riset GEOMARIN III dikembangkan agar sesuai standar industri sektor ESDM Kelautan. Aset pendukung dioptimalkan,, berupa gedung di Bandung dan Cirebon, laboratorium, core storage (penyimpanan sampel inti), rancang bangun, paten dan hak cipta.

 

 

P3GL juga menjalin aliansi strategis dengan mitra dan penerima manfaat sampai dengan tahap perjanjian kerja sama. P3GL juga berupaya memenuhi kebutuhan para mitra dengan beragam layanan jasa seperti survei dan layanan lainnya. Survei yang dilakukan seperti survei mendukung infrastruktur minyak dan gas bumi, survei seismik HRS (high resolution seismic), survei batimetri dan backscatter seafloor, survei umum migas/gas biogenik untuk kedalaman laut rendah, survei untuk potensi mineral kelautan, serta survei studi lingkungan (analisa dampak lingkungan). Site survei berupa site survei pre-konstruksi anjungan lepas pantai dan site survei penentuan rute pipa gas bawah laut, juga seabed clearance dan potensi kebencanaan wilayah pesisir & lepas pantai.

 

 

Jasa lainnya adalah inspeksi infrastruktur bawah laut, eksplorasi gaya berat dan magnet laut, layanan penyimpanan sampel sedimen, sewa alat dan personil pada source system 2d seismic serta survei untuk potensi mineral lepas pantai dan dasar laut (ER)

Leave a comment

Full HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.