Forum Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan Tahun 2016

Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (PPPGL) merupakan instansi yang diberi tugas untuk melaksanakan penelitian, pengembangan, perekayasaan, pengkajian, survei dan pemetaan bidang geologi kelautan. Dalam melaksanakan tugas tersebut, seyogyanya PPPGL dapat mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Teknis di lingkungan Kementerian ESDM, terutama Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas), Direktorat Jenderal Energi Baru Terbaruka dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE), dan Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara (Ditjen Minerba).

 

Bidang AFI/Ardiansyah
Foto 1. Suasana Forum Perencanaan Strategis P3GL Tahun 2016

 

Dalam rangka mengupayakan “link and match” agar kegiatan PPPGL dapat mendukung kebijakan ketiga Ditjen tersebut, diperlukan informasi dari setiap Ditjen Teknis mengenai rencana kegiatan yang akan dilaksanakan, sehingga PPPGL dapat menyesuaikan kegiatan litbang dan memberikan konstribusi kepada setiap Direktorat Jenderal Teknis, maka sebagai langkah antisipasi pengusulan kegiatan tahun 2018, PPPGL melaksanakan Forum Perencanaan pada tanggal 6 Oktober 2016 bertempat di kantor PPPGL Bandung. Melalui Forum Perencanaan ini diharapkan dapat mewujudkan “link and match” yang dapat diimplementasikan di Sektor ESDM.

Forum Perencanaan PPPGL melibatkan juga stakeholders terkait dari Ditjen Teknis di lingkungan KESDM, Kementerian/Lembaga, Badan Usaha Bidang Migas,  Akademisi Perguruan Tinggi dan para Pakar/Praktisi Bidang Migas, Energi dan Sumber Daya Mineral, yang diharapkan dapat memberikan masukan atau pengkayaan informasi mengenai kegiatan litbang, pengembangan sarana dan prasarana serta kompetensi sumber daya manusia di PPPGL.

 

Bidang AFI/Ardiansyah
Foto 2. Kepala Badan Litbang ESDM, Ir. F.X. Sutijastoto, M.A. dan Plt. Kepala P3GL, Ir. Dede Ida Suhendra, M.Sc. dalam Forum Perencanaan Strategis P3GL Tahun 2016

 

Forum Perencanaan PPPGL Tahun 2016 dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Litbang ESDM, Ir. F.X. Sutijastoto, M.A. Peserta yang hadir terdiri dari para pejabat struktural dan fungsional di lingkungan PPPGL, Kepala Puslitbangtek Mineral dan Batubara, Ir. Dede Ida Suhendra, M.Sc. yang pada saat ini merangkap sebagai Plt. Kepala P3GL,  anggota Scientific Board (SB) yaitu Dr. Umar Said, Prof. Dr. Ir. Hermes Panggabean, M.Sc., dan Dra. Yanni Kussuryani, M.Sc. Sedangkan narasumber yang hadir adalah Prof. Dr. Ir. Edy Sunardi, M.Sc. dari Universitas Padjadjaran, Zamrisyaf, praktisi bidang energi laut,  Ir. Achmad Apriyono, M.Si., dari PT. Timah, dan tamu undangan lain yang hadir perwakilan dari Pushidrosal TNI AL, BPPT, Biro Perencanaan KESDM, Badan Geologi serta perwakilan satker di lingkungan Badan Litbang ESDM.

 

Bidang Program/Pras
Foto 3. Foto bersama peserta Forum Perencanaan Strategis P3GL Tahun 2016

 

 

 

(Bidang Afiliasi dan Informasi/am)

Leave a comment

Full HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.