KUNJUNGAN MENTERI ESDM UNTUK PENGARAHAN KE PEGAWAI P3GL BALITBANG ESDM DAN PENINJAUAN KE KR. GEOMARIN III

Acara Pengarahan Menteri ESDM kepada seluruh pegawai P3GL, dan Peninjauan ke Kapal Survei Geomarin III di Cirebon Jawa Barat terlaksana Kamis, 21 Maret pukul 12.30 – 15.30 wib. Hadir pada acara ini, Kepala Badan Litbang, Dirjen EBTKE, Sesbalitbang, Kepala Pusat PPPTMB Tekmira, Tenaga Ahli Menteri Bidang Litbang dan para pejabat administrasi P3GL dan Setbalibang.

 

 

Pengarahan Menteri ESDM diawali dengan Q&A para fungsional utama dan lulusan S3 bagaimana peran untuk penguatan terhadap badan layanan umum (BLU). Peran dan posisi P3GL untuk kinerja BLU dan sebagai institusi litbang juga menjadi bagian diskusi ini. Nahkoda KR Geomarin III di sela kunjungan Menteri di kapal meminta penambahan ABK. Informasi lainnya adalah tentang kinerja BLU dan usulan penguatan pentingnyatambahan kapal survei.

 

 

Kinerja BLU P3GL Tahun 2018.

Tahun pertama kinerja BLU P3GL telah melampui 137% dari target. Tercapai Rp 21,6 milyar dari target Rp 15,8 milyar. Kegiatan utama dari capaian 2018 adalah survey dengan KR Geomarin III dengan mitra utama: PT Elnusa Tbk., PT Halmahera Persada Lygend, PT Timah Tbk., PGN – PT Teknik Horizon Intl., BMKG – NOAA, KIOST Korea, PT Inomata dan PT Waragonda. Juga mitra lainnya terkait dengan jasa sewa alat survey.

 

 

Kinerja dan Rencana Proyek BLU Tahun 2019.

Kinerja BLU P3GL sampai Maret 2019; Telah tanda tangan kontrak Rp 1,5 milyar, proyek siap jalan Rp 7,1 milyar dan potensi kontrak lainnya sejumlah Rp 42,5 milyar. P3GL Mendukung mitra untuk lelang survey KKKS dengan KR Geomarin III untuk pekerjaan Seabed Clearance dan Infrastruktur Migas. Potensi pekerjaan 5 Lokasi survey: PHE ONWJ, Chevron Deepwater, PHE Matindok (Geokimia), Inpex Masela dan Medco Natuna. Potensi lainya: Survei potensi Timah, Studi FS Pasir Laut, survey deepsea Obi Musim Timur, survei back-scatter untuk eksporasi migas, dan pembangunan Sistem IT Aset Manajemen Pelabuhan.

 

 

Usulan Percepatan Keberhasilan BLU P3GL.

Solusi untuk percepatan kinerja BLU P3GL diusulkan kapal survei baru, KR Geomarin V, dengan ukuran Panjang 40 m dan lebar 10 m. Usulan pembangunan Kapal Survei Geomarin V untuk penyelesaian 2 tahun 2020-2021 dengan investasi Rp 150 milyar dari pekerjaan General Arrangement, Pembangunan Kapal sampai Pengadaan Peralatan Survei. Tahun 2020 sebesar Rp 100 milyar, dan tahun 2021 Rp 50 milyar. KR Geomarin V, Kapal riset multipurpose laut dangkal dan dalam untuk site survei dan infrastruktur migas, jalur kabel dan pipa bawah laut, survey potensi mineral kelautan (timah, pasir laut) serta studi lingkungan offshore. Produktivitas KR Geomarin V, berpotensi BLU 2022-2026 Rp. 180 M, dapat menutup nilai investasi pengadaan kapal Rp. 150 M. Potensi Bisnis berasal dari kegiatan Site Survey para Mitra Strategis.

Leave a comment

Full HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.