PRESENTASI PENGEMBANGAN LABORATORIUM DAN DATA BASE PERALATAN LITBANG PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN GEOLOGI KELAUTAN

Bidang Penyelenggaraan dan Sarana Penelitian dan Pengembangan (PSL), Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (PPPGL) mengadakan Forum mengenai Pengembangan Laboratorium dan Data Base Peralatan Litbang, yang diselenggarakan  pada hari Rabu, tanggal 27 Juli 2016  bertempat di Auditorium J.A. Katili, PPPGL, Jalan Kalijaga No. 101 Cirebon. Forum dibuka oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan dan Sarana Litbang, Ir. Andy H. Sianipar, M.Si.,  dengan maksud untuk mensosialisasikan kondisi laboratorium dan peralatan litbang, serta sharing dengan para fungsional dan teknisi lain untuk revitalisasi sarana dan prasarana laboratorium dan pengembangan data base peralatan litbang.

 

  1. Revitalisasi sarana dan prasarana laboratorium dasar dan lanjutan.

 

Disampaikan oleh Kepala Subbidang Penyelenggaraan Litbang, Beben Rachmat, S.Si.,  menjelaskan mengenai kondisi laboratorium PPPGL saat ini dan rencana pengembangan Laboratorium PPPGL menuju pengembangan Laboratorium Terpadu berdasarkan “Roadmap Konsep Pengembangan Laboratorium PPPGL” dalam empat tahap, yaitu :

 

a. Tahap Revitalisasi (2016)

b. Tahap Optimalisasi (2017)

c. Tahap Pengembangan (2018-2019)

d. Tahap Integrasi (2020)

 

Rencana Program Revitalisasi Laboratotrium meliputi :

 

a. Pengelolaan sampel sesuai dengan standar

b. Pengaturan ruang laboratorium

c. Penempatan peralatan di laboratorium dasar dan lanjutan

d. Prosedur pengusulan dan pengadaan peralatan

e. Pembenahan peralatan dan pendukung uji laboratorium

f. Penyempurnaan metodologi preparasi dan analisis sampel

g. Dibentuk manajemen laboratorium

h. Penyusunan program peningkatan kompetensi tenaga laboratorium

 

  2. Data Base Peralatan Litbang

 

Disampaikan oleh Kepala Subbidang Sarana Litbang, Drs. Didik Z. Hans, M.M., menjelaskan kondisi peralatan litbang saat ini serta pengembangan sistem basis data peralatan litbang. Dalam pengembangan sistem basis data peralatan litbang, tahapan yang sedang dilakukan adalah melakukan inventarisasi semua peralatan litbang dengan menggunakan format standar yang mencakup informasi pendukung antara lain riwayat kalibrasi, cara kerja, lokasi, fungsi dan kegunaan,  sehingga akan memudahkan bagi pengguna alat untuk melacak lokasi keberadaan, cara operasional, dan manfaat dari peralatan tersebut.

 

Pengembangan Sistem Data Base meliputi beberapa kelompok peralatan yaitu Kapal Riset GM III, Peralatan Geofisika (Seismic Single Channel dan Seismic Multi Channel), Peralatan Hydro Oceanografi, Peralatan Navigasi, dan Peralatan Pemercontoh.

 

Konten data base peralatan meliputi Nama Peralatan (termasuk dengan kelengkapan), Merk/Type, Serial Number, No Inventarisir, Tahun Pengadaan , Kondisi Peralatan, Lokasi Alat, Fungsi Alat , Status Alat, Foto Alat, Spesifikasi Peralatan, Lifetime Peralatan, Riwayat Kalibrasi, Penanggung Jawab Alat Keterangan

 

(Bidang Afiliasi dan Informasi P3GL/dr)

Leave a comment

Full HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.