Rencana kerjasama Survei Gaya Berat Laut antara BLU P3GL Balitbang ESDM dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) di Perairan Madura atau Selat Sunda

Kamis, 16 Januari 2020


Pertemuan antara Puslitbang Geologi Kelautan, Balitbang ESDM dengan Pusat Jaring Kontrol Geodesi dan Geodinamika, Badan Informasi Geospasial di P3GL Bandung membicarakan rencana kerjasama melakukan kegiatan survei gaya berat laut untuk meningkatkan akurasi dari nilai geoid di wilayah Indonesia. Rencana kerjasama ini merupakan kerjasama yang pertama antara BIG dan P3GL dalam pengelolaan dan pemanfaatan bersama data gayaberat laut Indonesia. Sebagai dasar pelaksanaan kegiatan kerjasama tersebut, perlu dibuat Kesepakatan Kerjasama dalam bentuk MoU antara Balitbang ESDM dengan Badan Informasi Geospasial

 


Kegiatan ini akan dilaksanakan sekitar bulan April – Mei 2020 (tentative), dengan sasaran utama diperolehnya data gaya berat laut di wilayah perairan Selat Madura atau Selat Sunda yang meliputi data gaya berat dan data batimetri yang akan menjadi parameter dalam penghitungan geoid.
Survei menggunakan wahana KR. Geomarin III untuk pengukuran gaya berat dengan  peralatan Marine Gravity System-6 (MGS-6) seri terbaru dari Micro-g LaCoste milik P3GL.
Dengan diukurnya gayaberat laut wilayah Selat Madura atau Selat Sunda, diharapkan semua segmen pengguna dapat memanfaatkan data gayaberat laut tersebut sesuai dengan tujuan pekerjaan dan keahlian setiap pengguna di wilayah tersebut.

Leave a comment

Full HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.