SOSIALISASI HASIL LITBANG PPPGL DI KABUPATEN NATUNA

Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (PPPGL) melaksanakan kegiatan sosialisasi hasil litbang geologi kelautan yang merupakan program kerja PPPGL dalam hal penyebarluasan informasi ke daerah yang  menjadi lokasi kegiatan litbang PPPGL pada hari Rabu, tanggal 10 Agustus 2016 di kantor Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Natuna. Kegiatan sosialisasi dihadiri perwakilan dari berbagai SKPD di  Kabupaten Natuna yaitu Bappeda, DKP, BLHD, Badan Pengelolaan Perbatasan Kabupaten Natuna, RRI dan Batam Pos (media pemberitaan/wartawan)  serta dari pihak Distamben Kabupaten Natuna, sebanyak 21 peserta, dan acara kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Distamben Kabupaten Natuna, yaitu Ilham Kauli, S.Sos, M.Si.

Perwakilan yang hadir dari Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Natuna adalah Faisal Firman, ST (Kabid Migas), Asrul Hadi, ST (Kabid Ketenagalistrikan dan EBT), Suratmojo, ST (Kasi SDM), Firman Satria, ST (Kasi EBT), serta karyawan dan karyawati Distamben Kabupaten Natuan, sedangkan perwakilan dari PPPGL yaitu Hendro Dwi Bayu Abadi S.Sos, Mario Dwi Saputro, ST.,MT., dan Sutisna.

 

Photo 1. Penyampaian momento dan Publikasi PPPGL

 

 

Dalam kegiatan sosialisasi ini telah dilakukan pemaparan hasil litbang sebagai berikut :

  1. Profil Kelembagaan Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan, disampaikan oleh Hendro Dwi Bayu Abadi, S.Sos.
  2. Penelitian Potensi Energi Arus Laut Sebagai Sumber Energi Baru Terbarukan Perairan Kepulauan Natuna Provinsi Kepulauan Riau dan Studi Pengembangan Model Cluster Ekonomi Maritim oleh Mario Dwi Saputro, ST.,MT.
  3. Diskusi dengan seluruh peserta sosialisasi.

 

Photo 2. Pelaksanaan sosialisasi hasil litbang PPPGL di Kantor Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Natuna     

             

 

Melalui sosialisasi ini diharapkan terjalin kerja sama yang sinergis dalam melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan di bidang geologi kelautan untuk menggali potensi energi dan sumber daya mineral yang berada di wilayah perairan Kabupaten Natuna.

Photo 3. Perwakilan PPPGL bersama jajaran Dinas Pertambangan dan Energi, Kabupaten Natuna 

 

Setelah selesai kegiatan sosialisasi ini dilanjutkan dengan wawancara dari pihak media yaitu wartawan dari RRI dan Batam Pos mengenai kegiatan sosialisasi yang telah dilakukan di kantor Distamben Kabupaten Natuna, didampingi oleh Kadistamben Kabupaten Natuna. Dengan keterlibatan pihak media dalam kegiatan sosialisasi ini, akan memperluas  penyebaran informasi hasil litbang PPPGL tentang potensi energi dan sumber daya mineral di Perairan Natuna.

 

(Bidang Afiliasi dan Informasi-PPPGL/hdba)